Sabtu, 14 Juli 2012

Herbal Beras Kencur












Herbal beras kencur
beras kencur herbal berkhasiat dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh dan sebagai tonikom atau penyegaran saat keluar bekerja. Digunakan untuk minum dengan beras kencur herbal, tubuh akan terhindar dari sakit dan nyeri yang biasa timbul ketika pekerjaan yang terlalu keras. Selain itu, beras kencur dapat meredakan batuk dan merupakan herbal seduhan yang tepat untuk batuk.

Bahan baku
Dalam pembuatan beras kencur herbal, ada beberapa variasi bahan yang digunakan, tetapi ada dua bahan dasar utama yang selalu digunakan, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan sesuai dengan nama jamu, dan jamu ini selalu ada meskipun komposisinya tidak selalu sama di antara penjual jamu. Bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan nasi herbal yang menjadi unggulan kedawung laos, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, keningar kayu, kunyit. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur dengan gula putih.

Metode pengolahan
Umumnya tidak jauh berbeda, pada awalnya disangan beras, lalu ditumbuk sampai halus. Bahan lain sesuai dengan komposisi campuran bubuk besi menggunakan mortir dan alu atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, air mendidih ditungkan untuk mengambil jus diperas dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus material. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol atau termos.

0 komentar:

Posting Komentar